FDTJ
Salah satu peta Transportasi Massal kawasan Jabodetabek produksi Transport for Jakarta (TfJ-FDTJ)
Ponimu Nawala Karsa Promo

Menyambut gelaran pesta olahraga 18th Asian Games 2018 Jakarta – Palembang, pada akhir bulan Juli 2018 yang lalu Transport for Jakarta – Forum Diskusi Transportasi Jakarta (TfJ – FDTJ) kembali merilis pembaruan terbaru untuk Peta Transportasi Umum Massal Jabodetabek.

Pembaruan kali ini menambahkan satu moda transportasi baru di Jakarta yaitu LRT (light rapid transit) Jakarta Fase 1 yang dioperasikan oleh PT. Jakarta Propertindo (Jakpro). LRT Jakarta Fase 1 akan melayani rute Kelapa Gading – Velodrome dan direncanakan akan memulai operasionalnya pada 10 Agustus 2018 mendatang.

Bulan ini, FDTJ Rilis Peta Bus Kota Jakarta

Dengan demikian penambahan informasi moda transportasi LRT Jakarta akan melengkapi informasi jaringan transportasi massal di Jakarta dan sekitarnya yang sudah dimuat di peta transportasi umum massal Jabodetabek ini meliputi jaringan BRT (bus rapid transit) dan non-BRT Transjakarta, BRT Trans Kota Tangerang, BRT Trans Pakuan Bogor, KRL (kereta rel listrik) Commuter Line dan KRL Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain melakukan penambahan informasi moda transportasi terbaru, rilis terbaru peta tersebut juga telah memuat pembaruan terhadap pembukaan beberapa rute baru TransJakarta, seperti rute :

  • 1F (Bundaran Senayan – Stasiun Palmerah)
  • 4H (Pulo Gadung – Ragunan)
  • 5H (Harmoni – Ancol)
  • 7E (Kampung Rambutan – Ragunan)
  • 13E (Ciledug – Kuningan)
  • dan rute bus wisata terbaru BW7 (Jakarta Shopping, melayani rute Grand IndonesiaSenayan City).

Selain itu peta juga mencantumkan beberapa modifikasi rute seperti rute 1C (Blok M – Pesanggrahan) yang kini telah diperpanjang rutenya hingga Bintaro Kodam Permai dan 8E (Blok M – Bintaro Kodam Permai) yang kini juga telah diperpanjang rutenya hingga Masjid Jami Bintaro Jaya Sektor 1.

Baca Juga Artikel Berikut!  Donald Trump Batalkan Pertemuan dengan Kim Jong-Un

Tak hanya itu, terdapat pula perubahan halte transit pada rute Tebet – Karet (6C dan 6E) yang kini dilayani di halte Patra Kuningan, dan lain-lain. Ada juga rute baru Trans Kota Tangerang yang telah dicantumkan pada peta ini, yaitu TK2 yang melayani rute Poris Plawad – Cibodas.

Adapun Peta Rute Transportasi Massal Jabodetabek terbaru bulan Juli 2018 ini dapat Anda unduh secara langsung melalui tautan ini atau melalui laman web resmi mereka di https://transportforjakarta.com.

TfJ – FDTJ Juga Membuka Donasi Untuk Mencetak 10 Ribu Lembar Peta

Seiring dengan dirilisnya Peta Transportasi Umum Massal Jabodetabek terbaru dan menjelang penyelenggaraan 18th Asian Games 2018 Jakarta – Palembang yang akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang, TfJ – FDTJ menyadari bahwa penyediaan informasi yang memadai untuk menggunakan fasilitas transportasi publik di Jakarta menjadi sangat penting.

Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif untuk membuka saluran donasi di laman Kitabisa! dengan target penggalangan dana hingga Rp 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah).

Dana sebesar tersebut akan pihaknya gunakan untuk mencetak 10.000 (sepuluh ribu) peta untuk dicetak dan didistribusikan ke masyarakat dan tamu-tamu Asian Games dengan titik penempatan peta di tempat-tempat strategis seperti bandara, stasiun kereta, hotel, terminal bus, mall dan pusat turis.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk menyukseskan program ini dapat memberikan donasi melalui platform crowdfunding Kitabisa! pada tautan ini.

Tentang Transport for Jakarta – Forum Diskusi Transportasi Jakarta (TfJ – FDTJ)

Dilansir dari rilis resmi TfJ – FDTJ di laman Kitabisa!, Transportforjakarta.com – Forum Diskusi Transportasi Jakarta (TfJ-FDTJ) adalah sebuah komunitas yang fokus sebagai platform diskusi seputar pengembangan mobilitas bagi penduduk Jakarta Raya. Didirikan pada tahun 2014, TfJ-FDTJ sekarang adalah komunitas besar dengan lebih dari 7.000 (tujuh ribu) orang bergabung dalam forum diskusi transportasi di berbagai platform media sosial.

Baca Juga Artikel Berikut!  TransJakarta Perpanjang Layanan Dua Rute Non-BRT Sampai Bintaro

Dengan tujuan untuk memberikan informasi yang paling akurat dan mendorong lebih banyak orang Jakarta untuk menggunakan transportasi umum, sejak Oktober 2016 TfJ-FDTJ membentuk Tim Kartografi FDTJ yang menerbitkan Peta Jaringan BRT Jabodetabek yang diperbarui setiap 2 bulan.

Selain melakukan diskusi yang melibatkan pembuat kebijakan di bidang transportasi, FDTJ juga melakukan aksi nyata untuk membantu memudahkan masyarakat menggunakan transportasi umum, antara lain:

  • Pemasangan peta Bus Wisata Jakarta pada tahun 2016
  • Pemasangan BRT signage di halte Tirtayasa – Monginsidi pada bulan Juli 2017
  • Community support untuk MRT Jakarta
  • Membuat dan menyebarkan peta BRT TransJakarta koridor 13 di seluruh halte TransJakarta di koridor 13

Leave a Reply