Kim Jong Un
Kim Jong Un (GMA News Filipina)
Ponimu Nawala Karsa Promo

Hari Rabu (30/7) lalu, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menerima undangan ‘nonton’ Pembukaan Asian Games 2018 secara resmi oleh Menko PMK RI, Puan Maharani atas perintah Presiden RI.

Surat undangan tersebut tidak sepenuhnya diterima oleh Kim Jong Un, melainkan diterima oleh Kim Yong Nam, selaku Presiden Presidium Majelis Agung Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK/ Korea Utara).

Surat undangan yang ditujukan kepada Pemimpin tertinggi di Korea Utara tersebut diberikan oleh Menko Puan pada Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang. Tak hanya itu, Menko Puan juga memberikan tiga boneka maskot Asian Games 2018, yaitu Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka dalam pertemuan tersebut.

Menko Puan menyatakan bahwa Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan serta perdamaian di Semenanjung Korea. Ia menambahkan, bahwa pemerintah RI menyambut baik rencana Korsel-Korut untuk membentuk tim gabungan dalam sejumlah cabor Asian Games 2018.

Cabang olahraga yang akan diikuti oleh gabungan dua negara tersebut ialah Bola Basket Putri, olahraga Kano, serta Dayung.

Damai, Awal Yang Baru : Perang Korea Resmi Berakhir!

Sementara itu, Menko Puan menyatakan bahwa hubungan Indonesia-Korut terbangun berkat jasa Presiden Soekarno serta Presiden Kim Il Sung. Puan juga menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan rakyat Korea Utara atas peringatan 70 tahun berdirinya negara tersebut, yang akan dirayakan pada 9 September mendatang.

Presiden Presidium Kim Yong Nam sendiri turut menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden RI Joko Widodo atas undangan tersebut dan akan segera menyampaikannya pada Kim Jong Un, selaku pemimpin tertinggi di negara penganut ideologi Juche tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Jadwal Terbit Komik Minggu Ini! [15 Agustus 2018]

Leave a Reply